Text

Feeling inferior

Saya punya teman dekat yang sangat baik. Banyak orang yang kenal dia. Banyak orang yang ingin berada di sekelilingnya.

Berbeda dengan saya.

Tidak dikenali orang. Tidak banyak yang bersedia mengelilingi saya.

Mungkin karena saya bukan orang baik.

Ya, feeling inferior. Seringkali saya rasakan.

Photo
Love shaped sakura ๐ŸŒธ๐ŸŒธโค๏ธโค๏ธ

Love shaped sakura ๐ŸŒธ๐ŸŒธโค๏ธโค๏ธ

Photo
Sakura sakura ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ

Sakura sakura ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ

Text

Ulang Tahun di Negeri Orang

Ini ketiga kalinya aku ulang tahun di Jepang. Pertama kalinya, beberapa hari setelah mendarat di Jepang. Otomatis aku gak berharap dapet hadiah lah, dapet ucapan lah. Tapi ternyata hari itu jadi hari yang spesial untukku. Hari itu diajak sama senpai hanami untuk pertama kali. Ini menjadi hari ulang tahun yang gak bisa dilupakan. Ketika aku diberi kesempatan melihat keindahan ciptaan Allah, bunga sakura. Setelah pulang hanami, ada acara penyambutan kohai. Dan setelah bubar, diumumin kalau aku berulang tahun hari itu. Seneng banget.ย 

Ulang tahun kali kedua di Jepang. Not a special day. Kalo gak salah hari kedua masuk kosen (college). Belum ada yang kenal aku, apalagi tau ulang tahunku. Bahkan hari-hari itu adalah hari yang cukup menyiksa buat aku. Dimana aku belum punya teman, tidak ada teman berbahasa Indonesia dan kesulitan mengerti pelajaran. Tapi tetap saja hari itu patut disyukuri, karena aku sudah menginjakkan kaki di tahap selanjutnya menuju kesuksesan (aamiin).

Ulang tahun ketiga di Jepang. Sebelumnya, salah seorang temenku pernah nanya tanggal ulang tahunku. Tapi aku berfikir kalau dia lupa. Hari itu juga biasanya line Monbu ‘12 udah berkicau ngucapin selamat dari jam 12. Hari ini enggak. Mungkin karena di facebook aku gak nampilin ulang tahun aku. Sengaja. Gak terlalu suka juga sebenernya ribut-ribut ucapan selamat. Toh, umur aku berkurang setahun. Walaupun patut disyukuri aku bisa mendapatkan nikmat hidup, sehat, dan lainnya dari Allah selama 21 tahun ini. Orang-orang yang ngucapin ultah ke aku sebelum sekolah cuma 3 orang. Suci, Aisyah (adek), dan Hasna. Aku mikir, walaupun aku gak suka-suka amat diselamatin orang, jahat juga gak ada yang inget. ใ€Œ็งใฎใ“ใจใ‚’ๅคงๅˆ‡ใซๆ€ใฃใŸไบบใŒใ„ใชใ„ใ‚ˆใ†ใ ใ€begitu pikirku (artinya silahkan google translate). Pagi di sekolah, temen yang pernah nanya tanggal ulang tahun aku itu untuk semester baru ini tempat duduknya di samping aku. Tiba-tiba dia nanya, “omong-omong, hari ini ulang tahun kamu kan ya?” Aku jawab,”iya.” Tiba-tiba dia ngeluarin pelastik berisikan kado yang isinya pocket note dan sticky note lucu. “Tanjoubi omedetou,” katanya. Kaget dan senang. Temen yang duduknya gak jauh dariku tiba-tiba bilang, “kamu ulang tahun? Tunggu ya nanti istirahat siang.” Setelah istirahat siang, temen-temen aku yang cewek pada bawa hadiah berupa cemilan yang bungkusnya ditulisin “tanjoubi omedetou” (tiap ada yang ulang tahun, hadiahnya selalu kayak gini). Seneng banget. Berarti tandanya aku udah dianggap teman oleh mereka. Hehe.ย 

Tapi yang mengagetkan, tutorku, Riho-chan, dan temen asrama yang deket, Rena, sama sekali gak ngucapin. Padahal beberapa hari sebelumnya Riho-chan sempet mastiin tanggal ulang tahunku. Aku sempet mikir, Rena marah sama aku atau gimana…ย 

Malem abis absensi, Kamarku diketuk. Pas aku buka, Muncul Rena bawa bunga dan teman lainnya bilang “happy birthday”. Kaget banget. Mereka masing-masing juga ngasih kartu selamat ulang tahun. Seneng banget sampe mau nangis. Hehe. Selama ini kesepian. Tapi ternyata aku punya temen-temen yang baik-baik gini. Kalau kamarku lagi rapi aku ajak masuk deh. Tapi kamarku bener-bener lagi berantakam banget. Jadi gak bisa aku ajak masuk -_-” Pas aku bilang, “wah aku terharu.” Salah seorang teman bilang,”Nanti baca ya kartu ucapannya sambil nangis.” Hahahaha. Udah aku baca dan aku hanya bisa bersyukur kepada Allah ternyata mereka juga temanku. Cuma akunya aja yang malu. Dan aku hanya bisa ngucapin Alhamdulillah diberi hari seindah hari ini. Mungkin itu hadiah Allah buatku yang udah berusaha survive di kosen. Hadiah lain dari Allah buatku hari ini adalah, hari pertama sekolah di tahun ajaran baru. Mungkina ku disuruh banyak belajar ilmu-Nya.ย 

Oh ya. Dapet gambar juga dari Suci :)

ใฟใ‚“ใชใ€็งใฎๅ‹้”ใซใชใฃใฆใใ‚Œใฆใ‚ใ‚ŠใŒใจใ†๏ผ

Ayo tahun ini tambah semangat belajar dan cari teman :D

Photo
ๅ››ๅนด็”Ÿใฎๅฏฎ็”Ÿใ‹ใ‚‰ใฎใŠ่Šฑ
ๆณฃใใŸใ„ใใ‚‰ใ„ๆ„Ÿๅ‹•ใ—ใŸ๏ผๅฌ‰ใ—ใ‹ใฃใŸ๏ผไปŠๅนดใ‚‚ใ‚ˆใ‚ใ—ใใŠ้ก˜ใ„ใ—ใพใ™๏ผ
โ˜†*:.๏ฝก. o(โ‰งโ–ฝโ‰ฆ)o .๏ฝก.:*โ˜†
Bunga dari anak asrama kelas 4. Kyaaa seneng bgt >.< mau nangis

ๅ››ๅนด็”Ÿใฎๅฏฎ็”Ÿใ‹ใ‚‰ใฎใŠ่Šฑ
ๆณฃใใŸใ„ใใ‚‰ใ„ๆ„Ÿๅ‹•ใ—ใŸ๏ผๅฌ‰ใ—ใ‹ใฃใŸ๏ผไปŠๅนดใ‚‚ใ‚ˆใ‚ใ—ใใŠ้ก˜ใ„ใ—ใพใ™๏ผ
โ˜†*:.๏ฝก. o(โ‰งโ–ฝโ‰ฆ)o .๏ฝก.:*โ˜†
Bunga dari anak asrama kelas 4. Kyaaa seneng bgt >.< mau nangis

Photo
ไปŠๆ—ฅใฏ่ช•็”Ÿๆ—ฅใงใ€่ชฐใ‚‚ใ€Œ่ช•็”Ÿๆ—ฅใŠใ‚ใงใจใ†ใ€ใจ่กŒใฃใฆใใ‚Œใชใ„ใจๆ€ใฃใŸใ€‚ใƒ—ใƒฌใ‚ผใƒณใƒˆใ‚‚ใ‚‚ใ‚‰ใ‚ใชใ„ใจๆ€ใฃใŸใ€‚ใงใ‚‚ใ€ๆœใ‹ใ‚‰ใ€ใ‚ฏใƒฉใ‚นใƒกใ‚คใƒˆใŒๅฃฐใ‚’ใ‹ใ‘ใฆใ€ใ€Œ่ช•็”Ÿๆ—ฅใŠใ‚ใงใจใ†ใ€ใจ่จ€ใฃใŸใ€‚ใƒ—ใƒฌใ‚ผใƒณใƒˆใพใงใ‚‚ใ‚‰ใฃใŸใ€‚ๆœฌๅฝ“ใซใ‚ใ‚ŠใŒใจใ†ใ€‚ๆ„Ÿๅ‹•๏ผ(&gt;_&lt;) 
Disangkain hr ini bakal sepi. Agak sedih krn gak bisa ulang tahun di rumah. Tapi dari pagi, temen-temen sekelas pada ngucapin selamat dan ngasih kado. Rasanya seneng bgt. Walaupun makanan, mereka ngecek dulu bisa aku makan apa gak :&#8221;)

ไปŠๆ—ฅใฏ่ช•็”Ÿๆ—ฅใงใ€่ชฐใ‚‚ใ€Œ่ช•็”Ÿๆ—ฅใŠใ‚ใงใจใ†ใ€ใจ่กŒใฃใฆใใ‚Œใชใ„ใจๆ€ใฃใŸใ€‚ใƒ—ใƒฌใ‚ผใƒณใƒˆใ‚‚ใ‚‚ใ‚‰ใ‚ใชใ„ใจๆ€ใฃใŸใ€‚ใงใ‚‚ใ€ๆœใ‹ใ‚‰ใ€ใ‚ฏใƒฉใ‚นใƒกใ‚คใƒˆใŒๅฃฐใ‚’ใ‹ใ‘ใฆใ€ใ€Œ่ช•็”Ÿๆ—ฅใŠใ‚ใงใจใ†ใ€ใจ่จ€ใฃใŸใ€‚ใƒ—ใƒฌใ‚ผใƒณใƒˆใพใงใ‚‚ใ‚‰ใฃใŸใ€‚ๆœฌๅฝ“ใซใ‚ใ‚ŠใŒใจใ†ใ€‚ๆ„Ÿๅ‹•๏ผ(>_<)
Disangkain hr ini bakal sepi. Agak sedih krn gak bisa ulang tahun di rumah. Tapi dari pagi, temen-temen sekelas pada ngucapin selamat dan ngasih kado. Rasanya seneng bgt. Walaupun makanan, mereka ngecek dulu bisa aku makan apa gak :”)

Text

Silenced

Silenced adalah sebuah film korea yang dibuat dari sebuah novel berjudul dogani. Novel ini dibuat dari kisah nyata di sekolah orang-orang tuli, gwangju inhwa school (keterangan lebih lanjut: http://en.m.wikipedia.org/wiki/Gwangju_Inhwa_School ). Awalnya saya nonton cuma buat menghabiskan waktu sambil nunggu mulai skype dengan keluarga. Tapi setelah memulai, gak bisa berhenti. Melihat bagaimana anak-anak tuli dan cacat mental dianiaya oleh guru-guru mereka. Mereka tidak bisa apa-apa. Hanya anak kecil yang cacat. Bahkan mereka tidak punya orang tua atau orang orang tua mereka pun orang cacat seperti mereka. Mereka tidak punya seseorang yang bisa dipercaya. Dan diceritakan lah ketika ada seorang guru baik-baik dari seoul datang dan ketika mengetahui pengainayaan tersebut, dia dan orang-orang dari LSM (orang yang ngurus HAM deh) memperjuangkan hak-hak anak-anak tersebut. Tapi bagaimana pun, hukum yang dibuat manusia itu tidak sempurna dan dapat dibeli oleh uang. Melihatnya hati seperti disayat-sayat dan air mata tidak bisa berhenti. Mungkin manusia meremehkan anak-anak seperti mereka. Tapi Allah tidak. Menzhalimi orang saja sudah berdosa berat. Menganiaya anak yatim adalah perbuatan yang mendustakan agama. Meskipun manusia masih banyak yang baik, tapi tidak punya wewenang, kekuatan untuk menghukum orang-orang tersebut, Allah akan membalas orang-orang tersebut. Dan saya hanya bisa berdoa semoga anak-anak seperti mereka selalu mendapat rahmat dan perlindungan Allah. Aamiin.

Text

Yume wo kanaete doraemon (Make My Dreams Come True, Doraemon)

Kokoro no naka itsumo itsumo egaite’ru
yume wo noseta jibun dake no sekai chizu
(Takekoputa!)

I’ve always been sketching in my heart
a personal world map that carries my dream
(Take-copter!)

Sora wo tonde toki wo koete tooi kuni de mo
doa wo akete hora ikitai yo ima sugu
(Dokodemo-Doa!)

Flying through the sky, leaping through time, even a faraway country,
just open the door and look, I want to go now!
(Anywhere-Door!)

Otona ni nattara wasurechau no ka na?
Sonna toki ni wa omoidashite miyou

Once I become an adult, will I end up forgetting all these?
At that time, let’s try to recall.

Shalalalala boku no kokoro ni
itsu made mo kagayaku yume
Doraemon sono poketto de kanaesasete ne

Shalalalala, in my heart
is an ever-shining dream.
Doraemon, make it come true with your pocket.

Shalalalala uta wo utaou
minna de saa te wo tsunaide
Doraemon sekaijuu ni yume wo sou afuresasete

Shalalalala, let’s sing a song.
Everyone, let’s hold hands together.
Doraemon, make the entire world filled with dreams.

Yaritai koto ikitai basho mitsuketara
mayowanaide kutsu wo haite dekakeyou
(Taimu Mashiin!)

If you’ve found what you want to do, and where you want to go,
don’t hesitate, put on your shoes, and let’s go.
(Time Machine!)

Daijoubu sa hitori ja nai boku ga iru kara
kirakira kagayaku takaramono sagasou yo
(Yojigen-Poketto!)

It’s fine. You’re not alone. I’m right here.
Let’s look for some sparkling treasures.
(4-Dimensional Pocket!)

Michi ni mayotte mo nakanaide ii yo
himitsu no dougu de tasukete ageru yo

Even if you get lost, there’s no need to cry.
I will help you with my secret gadgets.

Shalalalala kuchibue fuite
Takaraka ni arukidasou
Doraemon ano machi made todokeba ii ne

Shalalalala, with a loud whistle,
let’s start walking.
Doraemon, we can try to reach the next town.

Shalalalala bokura no mirai
yume ga ippai afurete’ru yo
Doraemon kimi ga ireba minna ga egao ni naru

Shalalalala, in our future,
there are countless dreams.
Doraemon, as long as you’re here, everyone will smile.

Otona ni natte mo kitto wasurenai
taisetsu na omoi itsu made mo zutto

Even if I become an adult, I will never forget all these.
These important memories, I will cherish them forever.

Shalalalala boku no kokoro ni
itsu made mo kagayaku yume
Doraemon sono poketto de kanaesasete ne

Shalalalala, in my heart
is an ever-shining dream.
Doraemon, make it come true with your pocket.

Shalalalala uta wo utaou
minna de saa te wo tsunaide
Doraemon sekaijuu ni yume wo sou afuresasete

Shalalalala, let’s sing a song.
Everyone, let’s hold hands together.
Doraemon, make the entire world filled with that dream.


Hari ini saya nonton film doraemon terbaru. Dan lagu ini diputar sebagai opening song. Begitu denger lagunya, langsung ikutan nyanyi karena ada teksnya juga. Karena udah belajar bahasa jepang, ngerti artinya, tiba-tiba mau nangis sendiri. Untuk anak-anak kecil pasti lagu ini bahagia, menyenangkan. Tapi lagu ini mengingatkan saya tentang mimpi saya dan masa-masa ketika mimpi-mimpi itu terus mengalir tak berhenti. Dari lagu awalny aja mencerminkan mimpi saya. Sampe punya peta dunia yang ditempel di dinding. Terus ada pesan indahnya,
“Otona ni nattara wasurechau no ka na?
Sonna toki ni wa omoidashite miyou” (apakah akan lupa saat dewasa? Pada saat itu mari kita ingat kembali)
Bagi-bagi teman-teman dan saya sendiri yang mimpinya mebuyar, berkabut, mari kita ingat lagi mimpi-mimpi masa kecil kita. Lalu,
“Yaritai koto ikitai basho mitsuketara
mayowanaide kutsu wo haite dekakeyou” (kalau menemukan hal yang ingin dilakukan atau tempat yang ingin dikunjungi, jangan ragu, pakailah sepatumu dan ayo berangkat)
Berusahalah dan capailah mimpi itu!

Quote
"In a man’s life, there are many doors to his dreams. For example, if you have a big dream, like going into space, that huge door before you might scare you off, and make you give up on your dream. “There’s no way I can open that thing,” you’ll say. But there’s nothing to be afraid of. Because the truth is that huge door simply doesn’t exist. Really, there are just lots and lots of small ones. A door to growth, a door to discovery, a door to victory, a door to aplause. You’ll find those and many more. And with each little door you open, step by step, your dream will come true. To realize that dream, there’s something you must do. No matter how hard it may be, you’ve gotta keep reaching for the next door. Keep doing that and before you know it, you could be floating in space!"

— Brian Jay - Uchuu Kyoudai

Photo
Canal city (at ใ‚ญใƒฃใƒŠใƒซใ‚ทใƒ†ใ‚ฃๅšๅคš (Canal City Hakata))

Canal city (at ใ‚ญใƒฃใƒŠใƒซใ‚ทใƒ†ใ‚ฃๅšๅคš (Canal City Hakata))